My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Selasa, 26 April 2011

Wisata Kuliner ala Anak Kost

Pernah merasakan jadi anak kost? hehehe mungkin ada yang pernah dan mungkin juga ada yang belum pernah sama sekali merasakan jadi anak kost. Diluar stigma bebas yang melekat pada anak kost, sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi sisi positif sebagai anak kost, salah satunya yaitu 'kemandirian'.


Tongseng
 Mandiri dalam segala hal termasuk mencari makan. Efek sampingnya bagus juga, saya dan teman-teman senasib sepenanggungan menjadi kreatif dalam berburu tempat-tempat makan yang murah meriah dan enak. Mulai dari sekitaran tempat kost sampai yang agak jauh. Tempat makan yang terdekat dengan tempat kost yang berjarak hanya beberapa meter dari kantor adalah Tongseng. Tempatnya persis disebelah PT. Henkel - Cognis di Jalan Raya Jakarta Bogor, Cimanggis. Cuma sepetak ruang dengan beberapa meja, disebelahnya bengkel motor yang seringkali berisik meraung-raung disaat pelanggan sedang makan. Hehehehe anggap aja makan diiringi live music aliran cadas :p. Soal rasa, beuuh...menurut saya, ini tongseng yang paling enak dijamannya. Cara membuatnya masih menggunakan anglo, membuat tongseng jadi khas wanginya. Disini pertama kali saya mencicipi dan jatuh cinta dengan tongseng.

Kalau malam tiba, biasanya kami anak-anak kost ramai-ramai makan pecel lele/ pecel ayam yang terletak persis didepan rumah kost ibu Haji disisi Jalan Raya Jakarta Bogor, Cimanggis. Duduk ramai-ramai sambil ngobrol ngalor ngidul, bertukar cerita meski berbeda kantor. Sungguh suasana yang sekarang kok jadi ngangenin ya? bosan dengan pecel ayam/pecel lele bisa pindah ke Chinese Food Anggrek di seberang jalan atau melipir ke Soto Betawi bu Haji didekat gang Mesjid, persis di sebelah optik.


Gado-gado

Jam makan siang kantor biasanya sering juga digunakan untuk ajang wisata kuliner dengan rekan-rekan. Ada Gado-gado Yanmar, begitu kami menyebutnya. Disebut Gado-gado Yanmar karena letaknya tepat di seberang Pabrik Yanmar. Tempatnya cukup representatif, rumah makan yang cukup besar. Yang hits disini gado-gadonya, tapi selain itu ada juga menu masakan lain yang rasanya juga enak. Harganya juga gak mahal-mahal banget. Paslah untuk ukuran kantong anak kost. Ada juga Gudeg Yogya di Jalan Radar Auri, letaknya persis diseberang perumahan Permata Puri Cibubur. Tempatnya nyaman banget buat kongkow-kongkow. Gudeknya itu loch...ya ampuun.. aseli banget cita rasa Yogyanya. Paket nasi gudeg komplit adalah nasi, sayur nangka/ gudeg, ayam opor/goreng (sesuai request), krecek, ati+ampela goreng, telur pindang dan terakhir disiram kuah arehnya yang berwarna putih. Mankyeesss banget! minumnya es lidah buaya. Rasanya gak kepengen balik lagi kekantor hehehehe... Kadang kalau lagi malas keluar kantor, saya cukup telpon untuk minta di delivery. Selain itu ada tempat makan Mie Ayam enak di dekat PT. Lassale, sayang saya lupa namanya. Pangsit basahnya yummie deh.

Gudeg Yogya

After office hour menjadi waktu yang paling asik untuk berburu tempat makanan yang agak jauh, karena tidak terbatas oleh jam kantor. Ada Tongseng dan sate di simpang depok (tongsengnya masih lebih enak yang di Jalan Raya Bogor menurut saya), Bale Air di Jalan Radar Auri, Ayam Penyet di Kelapadua, Depok yang sambalnya luar biasa panas diperut dan dibibir. Dan masih banyak lagi tempat makan disepanjang Jalan Raya Jakarta Bogor dan seputaran Cimanggis, Cibubur hingga Cijantung yang menjadi obyek sasaran kami para anak kost. Demi kebersamaan dan rasa enak, kami rela menjelajah tempat-tempat yang bisa memanjakan lidah. Semoga semua tempat-tempat yang pernah saya singgahi masih eksis hingga kini, semakin maju usahanya dan tetap tidak berubah cita rasanya. Kapan-kapan napak tilas aahh!

3 komentar:

  1. Glek.... kadaharan uy....

    BalasHapus
  2. untung aku belum pernah jadi anak kost,....tumben nih ceritanya soal anak kost.
    btw menurutku apa gk kemewahan tuh buat anak kost...bisa bisa uang jajan dah abis duluan...tapi mang sering ke bogor tapi dah sampai disana susah nyari tempat makan yg enak2 gt ...and akhirnya nyarinya jugadapur sunda ....
    kalo gado2 itu jualannya di restoran mana Pril

    rey..

    BalasHapus
  3. Anonim 1: Topik yang selalu menyenangkan untuk dibahas, bukan? :)

    Bang Rey: Waah..seru bang balada jd anak kost, penuh perjuangan dan kebersamaan. Gak kemewahan juga karena kita kan sudah bekerja, punya penghasilan sendiri untuk biaya hidup. Gara-gara chat dengan mantan teman kost dulu nih jadi terinspirasi buat tulisan ini. Ohya, Gado-gadonya di seberang Pabrik Yanmar Jl. Raya Jakarta Bogor. Kalau mau cari makanan enak di Bogor, baca tulisan aku tentang One day trip di Bogor. Aku ulas beberapa tempat makan enak di Bogor. Jangan lupa ajak2 ya bang! hehehe..

    BalasHapus