My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Selasa, 12 April 2011

Hidden Paradise, Sikuai Island


Pantai Sikuai
 Tidak salah jika banyak orang menjuluki Sikuai Island sebagai surga yang tersembunyi. Pulau sikuai adalah pulau yang private, satu satunya yang mempunyai resort dan sering disebut “ New sikuai Island Resort”, dengan membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pelabuhan Muaro Padang, dengan kapal cepat. Luas kawasan sekitar 44,4 Ha, 2,4 ha untuk resort dan sisanya adalah hutan alami dan pantai pasir putih.

Sikuai, satu dari 19 pulau yang termasuk dalam wilayah administratif Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung seluas 38,6 Kilometer persegi atau sekitar 40 hektar.
Saya berkesempatan mengunjungi pulau indah ini pada akhir Mei 2010 tahun lalu. Perjalanan dari pelabuhan Muaro, Padang menuju P. Sikuai melewati Teluk Bayur (jadi ingat ada satu lagu lama yang judulnya Teluk Bayur) dan makam Siti Nurbaya yang terletak diatas bukit. Saat kapal melaju ditengah laut, beberapa ikan tampak berloncat-loncatan seakan mengejar laju kapal. Tarif penginapan di Sikuai Island memang cukup mahal, tapi sesuai dengan suguhan pemandangan yang bisa kita nikmati. Pantainya yang bersih dengan pasir putihnya, airnya yang terlihat jernih sehingga terlihat jelas gradasi warna air. Kita bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dari jarak yang dekat dari pinggir pantai. Selain itu kita juga bisa mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Sikuai dengan menyewa perahu boat seharga dua ratus ribu rupiah. Ditengah-tengah perjalanan biasanya perahu akan berhenti, memberikan kesempatan buat penumpang untuk menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang cantik warnanya berseliweran kesana-kemari. Bukti nyata kekuasaan Tuhan Maha Pencipta dunia beserta isinya.

Kawasan listrik ini menggunakan mesin generator sebagai sarana penerangan dan listrik. Untuk berhemat, pengelola melakukan pemadaman listrik mulai pukul 7 pagi hingga siang hari. Selain aktifitas air pengunjung juga bisa berjogging keliling pulau karena tersedia jogging track, bersepeda (ada penyewaannya) atau berenang di kolam renang resort Sikuai.
Semalam di Sikuai rasanya gak puas banget. Saya berjanji dalam hati, untuk datang kembali ke tempat ini. Someday....itu pasti!

2 komentar:

  1. Bagus dan ternyata punya bakat jadi penulis.
    Selanjutnya di bukukan saja dengan dilengkapi peta, photo2 yang lebih lengkap dan menarik dan biaya buat rekan2 yang mau kelokasi.

    DP.

    BalasHapus