My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Senin, 18 April 2011

Adopsi Terumbu Karang

Sore itu mata saya melekat pada satu Time Line (TL) twitter menarik dari akun @picnicholic tentang mengadopsi terumbu karang. Apaan sih terumbu karang? well...menurut artikel yang saya baca
Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanhellae.Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel. Kelas Anthozoa tersebut terdiri dari dua Subkelas yaitu Hexacorallia (atau Zoantharia) dan Octocorallia, yang keduanya dibedakan secara asal-usul, Morfologi dan Fisiologi.

Terumbu karang di dunia diperkirakan mencapai 284,300 km2. Terumbu karang dan ekosistem lain yang terkait, seperti padang lamun, rumput laut dan mangove adalah ekosistem laut terkaya di dunia. Saat ini keberadaan terumbu karang di perairan Indonesia terancam punah karena banyak yang mengalami kerusakan. Pada saat saya berada di P. Sikuai, sempat menyaksikan banyak terumbu karang yang mengalami kerusakan, memprihatinkan.

Terus terang, saya suka banget dengan ide mengadopsi anak terumbu karang. Ini merupakan salah satu bentuk untuk memperingati Earth Day (Hari Bumi).  Dalam program ini, setiap 'orang tua' asuh berpartisipasi dengan cara mendonasikan dana sebesar tujuhpuluh lima ribu rupiah untuk keberlangsungan hidup baby terumbu karang. Nantinya orangtua asuh akan diberitahukan perkembangan pertumbuhan terumbu karang yang diadopsinya. Orangtua asuh juga berhak memberi nama pada baby terumbu karang yang diasuhnya. Hmm...kira-kira apa ya nama yang unik untuk baby terumbu karang saya?

Bagi sebagian orang mungkin tujuh puluh lima ribu rupiah terlihat kecil nilainya. Namun saya yakin bahwa sekecil apapun kontribusi jauh lebih berarti dibandingkan angan-angan tanpa realisasi. Andai satu juta rakyat Indonesia secara bersama-sama mengadopsi anak terumbu karang, luar biasa hasil yang akan dinikmati oleh anak bangsa Indonesia dimasa mendatang dengan pulihnya ekosistem biota laut Indonesia.

Ini adalah wujud keperdulian dan cinta saya pada bangsa, khususnya perairan Indonesia. cita-cita saya sih sederhana saja, dalam 10 tahun kedepan saya ingin tetap bisa menikmati keindahan biota laut Indonesia termasuk terumbu karang didalamnya. Keikutsertaan saya dalam program Adopsi Anak Terumbu Karang adalah bukti nyata cinta saya pada bangsa ini, bukan hanya dengan kata-kata tetapi dengan tindakan nyata meskipun kecil nilainya.

Oya, informasi lengkap tentang adopsi terumbu karang dan mangrove bisa dilihat di link berikut http://picnicholic.webs.com/apps/calendar/showEvent?calID=4226932&eventID=128137869&next=showMonth%3FcalID%3D4226932%26month%3D3%26year%3D2011 yukk kita selamatkan terumbu karang dan mangrove bersama-sama.

2 komentar:

  1. Wah.. Bagus juga blog-nya masalah adopsi terumbu karang.. Baru tau juga kalo ada kaya gitu, harus di sebarkan tuh biar yang lain juga bisa support.. Minimal dari hal kecil biar hasilnya besar.. Eh kalo mau adopsi kemana ya?

    BalasHapus
  2. Silahkan klik link diatas ya sista utk informasi adopsi terumbu karang dan mangrove. jgn lupa siapkan nama utk si baby ya hehehe

    BalasHapus