My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Senin, 18 April 2011

One Day Tour in Bogor

Pagi-pagi teman saya mengirimkan pesan singkat di bbm yang isinya: "Cyyin...temen-temen gue pada mau jalan-jalan ke Bogor minggu depan. Ada apa aja yaa di Bogor?" sebagai anak 'gaul' (tsaah) kota Bogor saya terpanggil untuk memberikan beberapa informasi tempat-tempat yang bisa dikunjungi.

Saya berinisiatif untuk membuatkan itinerary yang padat dan efektif menjangkau banyak tempat di Bogor. Tujuan wisata pertama adalah kulinari di daerah jalan Sudirman. Tepatnya Restaurant Bogor Permai yang disampingnya ada aneka jajanan. Antara lain siomay, tekwan, soto mie, es podeng (ini yg paling dicari-cari) dan tauge goreng (ciri khas kota Bogor).

Selesai ngemil pagi, sasaran selanjutnya adalah safari factory outlet yang ada disepanjang jalan Pajajaran. Ada Amira, BBoss, Bogor Fashion, Blossom dan lainnya. Untuk penggemar sepatu dan sandal cantik jangan lupa mampir ke butik Donatello.

Selesai hunting di factory outlet, berhubung masih di seputaran jalan Pajajaran ada baiknya mampir dulu untuk beli oleh-oleh Macaroni panggang, Pia Apple Pie atau Cupcake di Rumah Cupcake yang terletak di sekitaran Taman Kencana. Oya, kalau mau beli pisang atau talas Bogor juga ada, biasanya ada di depan Macaroni Panggang.

Untuk makan siang, pilihannya bisa di Rumah Makan Sunda Gurih 7 di jalan Pajajaran atau Rumah Air yang terletak didalam perumahan Bogor Nirwana Estate. Kedua tempat makan ini adalah rumah makan sunda yang berkonsep lesehan. Untuk Rumah Air dilengkapi juga dengan fasilitas permainan anak-anak.

Selesai makan siang, ada baiknya mampir ke Gong Home Factory yang terletak di Jalan Pancasan. Gong Home Factory adalah pusat pembuatan Gong dan alat-alat degungan sunda yang masih tradisionil. Kita bisa melihat proses pembuatan gong didapur mereka. Biasanya nanti kita nyumbang seikhlasnya untuk para pekerja disana.

Kalau tentengan belanjan dirasa masih kurang, perjalanan dilanjutkan menuju daerah Katulampa, menuju pabrik tas Sinar Karya Indah (SKI). Di tempat ini pengunjung dimanjakan oleh aneka tas mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Tidak hanya itu, areal SKI yang luas juga dilengkapi dengan permainan anak-anak seperti flying fox, bola air, ATV, perahu air dan lain-lain.

Oya jangan lupa mampir ke Venus di jalan Siliwangi untuk membeli roti unyil. Roti unyil adalah roti khas dari Bogor yang ukurannya kecil (mungkin itu sebabnya disebut unyil) dan memiliki berbagai varian rasa. Roti ini hanya bisa bertahan 3 hari karena tidak menggunakan bahan pengawet. Asinan kedung dalam juga merupakan oleh-oleh khas Bogor, kebetulan letaknya gak terlalu jauh dari Venus.

Buat penggemar durian, bisa mampir ke Warso Farm di Cihideung. Disini pengunjung bisa memilih dan membeli durian langsung dari pohonnya ataupun hanya membeli es krim duriannya saja. Warso Farm memberikan jaminan untuk setiap durian yang dijualnya. Jika durian yang dibuka rasanya tidak manis, akan diganti secara cuma-cuma.

Terakhir sempatkan mampir ke Gumati Cafe di Jalan paledang atau Bukit Gumati di daerah Batu Tulis http://www.cafegumati.com/bukit%20gumati%20batutulis/index.html untuk kongkow-kongkow sambil melepas lelah sebelum kembali ke Jakarta. One day Tournya cukup sampai disini, kapan-kapan berkunjung lagi yaaa..masih banyak nih tempat-tempat yang bisa dikunjungi. Selamat berwisata di kota Bogor :)

9 komentar:

  1. Wah, jadi tambah tau nama2 tempat di bogor nih. padahal tadinya kalo ke bogor asal mampir aja, di tiap tempat yang kelewatan plus ke deluiet yang posisinya pas banget sama jalur ke tajur.

    BalasHapus
  2. Wah.. Bogor tuh memang tempatnya wiskul.. (Wisata kuliner). Banyak banget varian makanan yang enak. Mungkin karena udaranya juga mendukung kali ya. Saya yang tinggal di Bogor aja pasti tiap minggu luangkan waktu buat nyari makanan ciri khasnya.. Tuh kan.. Jadi laper deeh sekarang..

    BalasHapus
  3. Anonim: silahakn berkunjung lagi ke Bogor... :)
    Weeda: yuk sist, kita eksplore lagi wisata kuliner di Bogor biar bisa share sama teman-teman yang lain.

    BalasHapus
  4. komen: pictures magnify ur story....

    BalasHapus
  5. Anonim: Trims ya, nanti diusahakan utk foto tempat2 yg direkomendasikan diatas ya :)

    BalasHapus
  6. paling suka ke kebun raya bogor

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. iyap betul ke Bogor enak pakai kereta, lokasi stasiunnya strategis dekat kemana2.

      Hapus