My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Senin, 18 April 2011

Tips Nyaman Bepergian Ala Backpacker

Banyak orang salah kaprah tentang bepergian/travelling ala backpacker. Yang ada dalam benak kebanyakan orang backpacker adalah travelling ala gembel, sengsara dan prihatin. Padahal backpacker adalah seni  bepergian yang efisien dan ekonomis. Efisien dalam hal barang-barang yang dibawa, ekonomis dalam hal pemilihan harga fasilitas. Yang efisien dan ekonomis bisa juga nyaman kok. Tentu ada trik-trik mendapatkan kenyamanan meskipun dengan budget yg minimalis. Berikut trik-trik backpacker berdasarkan pengalaman pribadi saya dan juga  tips dari twitter backpacker.

1. Cari tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Rajin-rajinlah browsing harga tiket. Daftar jadi member di website penerbangan agar setiap ada promo, mereka mengirimkan info promo ke email kita. Cara ini ampuh banget buat saya.
2. Cari tau informasi tentang obyek wisata di daerah tujuan sebanyak-banyaknya. Manfaatkan internet untuk mendapatkan info lengkap dgn harga tiket masuk dan jam buka tutup obyek wisata.
3. Susun itinerary berdasarkan kedekatan obyek wisata. Hal ini dimaksudkan agar lebih hemat waktu, dengan demikian lebih banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi. Minta bantuan teman yang berada di daerah tujuan wisata untuk membantu menyusun itinerary.
4. Berkomunikasi dengan kenalan/ kerabat yang ada di daerah tujuan wisata jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Mana tau mereka menawarkan tempat tinggal gratis dan mau menjadi guide. Jangan lupa bawakan mereka oleh-oleh ya, hitung-hitung buat ganti biaya sewa kamar.
5. Bawa baju-baju yang tidak terlalu tebal, supaya ransel/ koper gak over capacity. Susun baju dengan cermat. Lipat dengan rapih. Gunakan metode tetris, saling mengisi celah yang ada agar koper/ ransel padat berisi.
6. Kalau bepergian dengan teman-teman, sharing alat mandi kecuali sikat gigi. Biar kamar mandi gak penuh dengan botol shampo/ sabun. Pilih kemasan sachet saja.
7. Selalu siapkan obat-obatan dasar (obat diare, pusing dan demam)
8. Klo gak punya kenalan, browsing info hotel murmer melalui internet. Cek gambar kamar, harga kamar, lokasi hotel dan cari testimoni dari traveller lainnya. Sering saya temui beberapa komplain / pujian yg ditulis di internet tentang pelayanan dan fasilitas hotel.
9. Kalau mau belanja oleh-oleh dalam jumlah banyak, sebaiknya dipaket saja. Kalau dapat, baju kotor dipaket sedangkan oleh-oleh dimasukkan ransel/ koper. Biar begitu tiba dirumah oleh-olehnya bisa langsung diditribusikan. Kalau saya cenderung belanja oleh-oleh sehari sebelum pulang, jadi di hari terakhir sudah gak repot dengan urusan packing barang-barang.
10. Kalau bawa kamera, jangan lupa bawa charger, memory card cadangan/ flash disk. Supaya semua moment gak ada yg kelewat. Pengalaman pait saya sewaktu liburan di Bangka, kamera ngedrop lupa di charge dan gak bawa pula alat charge-nya!
11. Jangan lupa klo kamu backpacking ke tempat wisata, share pengalamanmu disini ya...

Sekian tips dari saya, semoga berguna utk para backpackers. Minim budget bukan berarti sengsara. Smart n well planned kunci dari backpacker sejati :)

2 komentar:

  1. Nambahin dikit, kalau bisa bawa GPS atau aktifkan GPS yang ada di HP.
    Fungsinya selain memudahkan kita menuju lokasi juga membantu kita agar tidak tersesat.

    BalasHapus
  2. Anonim: Trimakasih utk tips tambahannya. Salam blogger :)

    BalasHapus