My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Kamis, 21 April 2011

Keindahan Tebing Ngarai Sianok


Ngarai Sianok, Bukittinggi. Sumatera Barat
Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi. Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang. Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau.

Sepulang dari P. Sikuai saya transit dulu di kota Bukittinggi untuk mengunjungi keindahan Ngarai Sianok yang terkenal itu. Bentangan ngarai yang berkelok-kelok dengan tebing yang curam membuat perpaduan pemandangan alam yang luar biasa indah. Udaranya pun jauh lebih sejuk dibandingkan dengan kota Padang yang panas. Ngarai ini menjadi lokasi wisata favorit para pencinta fotografi karena pemandangannya yang cantik.
Selain Ngarai Sianok, kota Bukittinggi juga terkenal dengan sate Padang Mak Syukur. Hmmm....selagi disini, wisata kuliner juga harus dijalankan :p. Memang benar rasa sate Mak Syukur berbeda dengan sate Padang lain yang ada dikota saya. Perbedaan terletak pada bumbu kuah satenya. Lebih terasa pedas dan bumbunya, maknyuuss...
Malam harinya saya berkeliling kota Padang. Saat itu kota Padang baru saja di guncang gempa 7,6 SR dan mengalami kerusakan yang cukup parah. Hotel bintang tiga yang berada di kota Padang, Hotel Ambacang,  juga ambruk dan rata dengan tanah. Sementara bangunan lainnya banyak juga yang mengalami kerusakan cukup parah.
Kota Padang yang berada disisi pantai membuat rumah makan seafood menjamur di sepanjang jalan. Kepiting saus padang jadi incaran saya untuk makan malam. Makan disisi pantai, dengan angin semilir membuat mata saya menjadi semakin berat. Aaahh, ingin segera berjumpa dengan bantal rasanya. Sayang hari itu perburuan saya gagal untuk mencari keripik sanjay (sejenis keripik singkong yang diberi bumbu pedas). Keripik sanjay yang terkenal di kota Padang adalah Christine Hakim. Katanya sih itu memang usaha keripik sanjay milik artis nasional Christine Hakim. Hmm...satu lagi alasan bagi saya untuk kembali ke kota Padang. Menuntaskan perburuan yang gagal, keripik sanjay! ;-)

1 komentar:

  1. Nah itu baru inget sama kampuang nanjauh di mato
    btw...sudah pernah kesana dong Pril.....gimana bagus kan kampungku.....
    tapi kalo udah kesana jangan lupa singgah dong ke rumahmakan yang nyediain gule itik (bebek)....rasanya mak nyos.....uenak.

    BalasHapus