My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Rabu, 08 Januari 2014

5 Langkah Efektif Mengepak Barang

Beberapa traveler memilih membawa travel bag/ransel daripada koper. Apalagi jika tujuannya adalah daerah pegunungan. Membawa tas/ransel lebih efektif daripada membawa koper. Membawa tas/ransel memerlukan kepiawaian anda dalam melakukan packing. Mengepak barang atau packing adalah seni keterampilan mengisi kekosongan ruang sekaligus mengatur susunannya sesuai dengan kebutuhan. Ikuti lima langkah berikut untuk packing yang efektif dan efisien.

1. Zipped Lock Bag
lihat perbedaannya
Gunakan zipped lock bag saat mengepak barang agar menjadi ringkas, padat dan terlindung dari air. Jaket tebal yang dikemas dalam zipped lock bag memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang tidak dikemas. Kemas semua barang/ pakaian dalam zipped lock bag dan keluarkan udara didalamnya sebelum mengunci perekatnya. Tips: setelah plastik zipped lock bag diisi penuh, tekan atau duduki hingga kempes sambil mengunci perekatnya. Anda akan takjub dengan space yang tersisa dalam tas/ransel. Selain berguna untuk meringkaskan pakaian, juga melindungi dari air. Meskipun hujan, anda tidak takut pakaian menjadi basah karena sudah terlindungi aman didalam plastik zipped lock bag. Lihat anda sudah melakukan beberapa hal dalam 1 langkah pertama. Meringkas muatan tas/ransel, mendapatkan space ekstra untuk barang-barang lainnya sekaligus melindungi pakaian dari air.

2. Jenis Pakaian
cardigan dan syal
Buat anda yang menyukai light pack saat traveling, bawalah pakaian yang tidak terlalu tebal. Tentu saja anda tetap harus memperhatikan faktor cuaca tempat tujuan. Jika tempat yang akan anda tuju memiliki cuaca dingin, pastikan anda membawa jaket. Tidak perlu membawa semua baju tebal, cukup 1 buah jaket dan beberapa kaos untuk pelapis dibagian dalam. Untuk cuaca yang panas padukan cardigan/kemeja katun dengan beberapa tank top/ t-shirt. Anda bisa menambahkan syal untuk mempercantik penampilan atau topi untuk penampilan berbeda. Semua tergantung bagaimana anda melakukan mix and match dengan sedikit kreatifitas agar penampilan selalu berbeda setiap harinya.

3. Kemasan Mini
botol kemasan kecil
Meskipun anda pergi 1 minggu lamanya tidak perlu membawa sabun cair dalam kemasan botol besar. Gunakan botol-otol kemasan kecil yang cukup untuk anda gunakan selama bepergian. Anda juga dapat menggunakan shampoo dalam kemasan sachet untuk menghemat space didalam tas/ransel. Bawalah alat-alat mandi secukupnya. Tidak perlu membawa alat-alat perawatan tubuh secara lengkap. Peralatan dasar seperti sabun, shampo yang mengandung conditioner, lotion, sikat gigi dan pasta gigi sudah mencukupi. Hindarkan membawa barang berlebihan yang akan menambah beban tas/ransel anda. Selalu gunakan zipped lock bag untuk mengantisipasi benda-benda cair tumpah didalam tas/ransel.


4. Mengatur Isi Tas/Ransel
Susun isi tas/ransel anda sesuai penggunaannya. Letakan pakaian yang pertama kali akan anda gunakan dibagian paling atas dalam tas/ransel anda. Susun berjenjang ke bawah sesuai dengan waktu penggunaannya. Dengan demikian anda tidak perlu repot mengeluarkan seluruh isi tas/ransel hanya untuk mengambil pakaian tidur yang kebetulan anda letakan paling bawah. Letakan alat-alat mandi dibagian yang mudah dijangkau. Biasanya tas/ransel memiliki kantung dibagian luarnya.

5. Memisahkan Pakaian
Kembali gunakan zipped lock bag untuk memisahkan pakaian bersih dan kotor anda. Tempatkan pakaian kotor pada bagian dasar tas/ransel.

Selamat berwisata, jangan ragu untuk membawa tas/ransel anda. Salam ransel!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar