My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Senin, 06 Januari 2014

5 ALASAN PENTING MENGGUNAKAN JASA PEMANDU WISATA

Kebanyakan turis lokal maupun mancanegara malas menggunakan jasa guide/pemandu ditempat wisata dengan alasan penghematan. Banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang menyediakan jasa guide dengan tarif murah dan ada juga yang tidak mematok tarif alias dibayar sukarela.

Padahal penghematan yang kerapkali dijadikan alasan untuk mengabaikan jasa guide justru malah sebaliknya. Guide sangat berperan membantu turis dalam memaksimalkan wisata mereka dari segi waktu, tenaga, biaya dan lainnya. Lho kok bisa begitu? Mau tau alasannya, simak berikut ini.

spot arahan guide di Tirta Empul
1. HEMAT WAKTU. Bagi traveler yang umumnya pekerja, berlibur adalah suatu hal yang sangat diperlukan untuk  melepaskan diri sejenak dari rutinitas kantor yang menjenuhkan. Biasanya perjalanan yang dapat dilakukan hanya perjalanan singkat sesuai jatah cuti. Bagi pekerja waktu liburan amatlah berharga. Berwisata ke suatu tempat dengan menggunakan jasa guide akan membantu traveler menghemat waktu dengan membawa ke lokasi yang tepat dan bernilai. Bandingkan jika anda pergi sendiri dan tidak tahu kearah mana harus menuju, yang ada anda hanya menghabiskan waktu di satu titik dan tanpa terasa waktu terbuang begitu saja.

2. HEMAT TENAGA. Di tempat wisata traveler biasanya ingin mengeksplore obyek yang dituju semaksimal mungkin tanpa memperhitungkan tenaga yang dikeluarkan. Akibatnya banyak traveler yang keletihan hanya di satu lokasi karena kehabisan tenaga. Akibatnya wisata yang dilakukan tidak maksimal. Dengan bantuan guide, anda bisa menghemat tenaga tanpa mengurangi tujuan wisata. Guide tahu jalan-jalan pintas dari satu titik ke titik lainnya disebuah lokasi wisata sehingga anda bisa tetap mengeksplorasi tanpa kehabisan tenaga. Simpan tenaga anda untuk destinasi berikutnya.

3. INFORMASI LENGKAP. Pada umumnya guide sudah hafal diluar kepala mengenai informasi obyek wisata tempat dia bekerja. Terutama di tempat wisata sejarah anda bisa menambah pengetahuan melalui informasi lengkap yang dengan fasih disampaikan oleh guide, tidak hanya berjalan dan melihat-lihat tanpa paham sejarah maupun ceritanya. Tidak jarang ada cerita-cerita unik yang tidak beredar di internet anda dapatkan dari penuturan guide. Apalagi jika sang guide adalah saksi pelaku sejarah, dijamin cerita akan mengalir deras tak putus-putus karena memorinya mengingat kembali kejadian yang membekas didalam ingatannya.

4. HEMAT BIAYA. Tips yang diberikan untuk jasa guide tidak ternilai dengan informasi yang diberikan. Bayangkan jika anda kembali dari tempat wisata dan menyadari setelahnya bahwa ada lokasi penting yang tidak tersambangi sewaktu anda disana. Penyesalan anda hanya dapat dibayar dengan kembali lagi ke tempat tersebut yang artinya mengeluarkan biaya perjalanan lagi. Dengan jasa guide, anda akan diantarkan ke lokasi-lokasi penting yang pantang untuk dilewatkan. Di beberapa tempat dengan bantuan guide anda bisa memiliki akses lebih untuk masuk kedalamnya. Lihat betapa beruntungnya anda!

spot pilihan guide di benteng Fort Marlborough
5. SPOT FOTO TERBAIK. Berwisata ke suatu tempat belum lengkap rasanya kalau tidak mengabadikan dalam bentuk gambar melalui kamera. Entah itu kamera hp, gadget, kamera saku ataupun kamera mahal berlensa panjang. Seorang guide biasanya sudah kenal spot-spot terbaik dari obyek wisata tempat dia bekerja. Anda gak perlu capek turun naik tangga atau mengelilingi bangunan hanya untuk mencari spot terbaik untuk berfoto. Guide dengan senang hati menunjukan spot terbaik hingga posisi dimana anda harus berdiri untuk berfoto. Mereka juga akan dengan senang hati diminta bantuannya untuk mengambil gambar anda. Jadi buat solo traveler gak usah bingung untuk mengabadikan gambarnya.

Nah gimana, sudah gak ragu lagi kan menggunakan jasa guide/pemandu wisata. Hanya dengan mengeluarkan biaya yang relatif tidak terlalu memberatkan kocek, perjalanan wisata anda menjadi lebih maksimal. Anda menghemat tenaga, waktu, biaya, mendapatkan cerita lengkap dan foto-foto di spot tempat wisata terbaik. Selain itu anda juga turut berperan membantu perekonomian para guide yang umumnya berpenghasilan tidak besar. Selamat berwisata dengan cerdas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar