My Favorite Travel Quotes

"The world is a book and those who do not travel read only one page - St. Augustine", "I have found out that there ain't no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them - Mark Twain", "If the traveler can not find master or friend to go with him, let him travel alone rather than with a fool for company - Budha", "Traveling is about the journey not the destination - Anonymous", "Traveling brings love and power back to your life - Rumi".

Senin, 04 Juni 2012

5 aktifitas wajib di Ho Chi Minh

Selain mengunjungi bangunan cantik bergaya Eropa klasik dan museum bersejarah, ada 5 hal yang wajib (diantara 307 hal wajib lainnya)  dilakukan oleh wisatawan di Vietnam. Menyaksikan pertunjukan wayang air "Water Puppet", mengendarai Cyclo atau becak khas Vietnam, Dinner Cruise, Tur Mekong dan menikmati Pho, mie kuah khas Vietnam.

Sejak awal merencanakan perjalanan ini, Dinner Cruise, Water Puppet dan menikmati Pho berada dalam top list itinerary.  Orang Vietnam mengatakan jika belum menonton water puppet, maka dikatakan belum mengunjungi Vietnam. Mengendarai Cyclo dan Tur Mekong adalah bonus luar biasa yang tidak direncanakan.

Mengambil paket 3 in 1 yang ditawarkan oleh hotel seharga 260,000vnd untuk 3 jenis kegiatan: Water Puppet, Cyclo riding dan Dinner Cruise.
                                                                                   
Wayangnya terendam air
Water Puppet
Menempati ranking urutan 95 dari 307 hal yang harus dilakukan di Ho Chi Minh versi Lonely Planet, Water Puppet Theater merupakan pertunjukan wayang yang sangat atraktif. Bertempat di Golden Dragon Water Puppet Theater, pertunjukan selama kurang lebih 60 menit ini dimulai pada pukul 18.30 waktu setempat (tidak ada perbedaan waktu antara Ho Chi Minh dan Jakarta). Yang membuat pertunjukan wayang golek ala Vietnam ini menjadi unik adalah wayangnya terendam dalam air. Entah bagaimana cara menjalankan wayang didalam air dengan gerakan yang cepat, berputar dan kadang akrobatik. Meskipun tidak semua penonton mengerti bahasa yang digunakan dalam cerita wayang, namun secara keseluruhan cerita wayang dapat dimengerti melalui gerakan wayang. Luar biasa....

Cyclo Riding
Ranking 113 dari 307 hal yang harus dilakukan oleh wisatawan di Ho Chi Minh versi lonely Planet. Berjalan-jalan malam hari dengan Cyclo atau becak khas Vietnam sangat mengasikan. Dibandingkan dengan becak Jakarta, di Vietnam becaknya lebih mungil. Agaknya becak Vietnam didesain hanya untuk 1 penumpang saja. 

Cyclo berputar-putar didalam kota. Melewati rute-rute yang menjadi tujuan para wisatawan seperti Ho Chi Minh City Hall, Saigon Opera House, Notre-Dame Cathedral, Saigon Central Pos Office, Reunification Palace, War Remnants Museum dan berakhir di dermaga tempat cruise bersandar.

Pemandangan cantik sepanjang cruise
Dinner Cruise
Jawara ranking 1 dari 307 hal yang harus dilakukan oleh wisatawan di Ho Chi Minh versi Lonely Planet. Makan malam diatas kapal sambil berlayar menyusuri sungai Saigon adalah hal yang paling romantis di Saigon atau Ho Chi Minh City. Sambil menikmati vietnamese cuisine para penumpang dihibur oleh tarian tradisional Vietnam yang dibawakan oleh dua gadis cantik. Sementara diluar, pemandangan kota Saigon dimalam hari terlihat cantik dari atas kapal. Perlahan kapal bergerak menyusuri sungai dan kembali lagi menuju dermaga. Rupanya dinner cruise ini merupakan daya tarik bagi para wisatawan. Hal ini terlihat dari banyaknya perahu-perahu yang berlayar malam itu membawa penumpang untuk makan malam diatas kapal. Berbagai jenis kapal lalu lalang berpapasan. Perjalanan dinner cruise ini memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Menyusuri sungai Mekong
Mekong Tour
Menduduki ranking 18 dari 307 hal yang harus dilakukan oleh wisatawan di Ho Chi Minh versi Lonely Planet. Terinspirasi oleh film-film perang bersetting Vietnam dimana Sungai Mekong selalu menjadi tempat yang banyak digunakan dalam adegan cerita membuat rasa penasaran akan kebesaran nama sungai Mekong. Hotel menawarkan paket Mekong Tour seharga 345,000vnd. Paket ini sudah termasuk antar jemput dengan mini bus ber A/C (penting, mengingat suhu di Vietnam yang sangat panas), Tour Guide, boat trips, buah-buahan dan makan siang. Kegiatan ini menghabiskan waktu seharian dari pagi sampai sore hari.

Pengalaman tak terlupakan menyusuri Delta Mekong dimulai dengan perjalanan menuju My Tho yang ditempuh dengan jarak waktu kurang lebih 2 jam dari Ho Chi Minh City. Setibanya di My Tho, motor boat sudah menanti untuk menjelajah beberapa pulau yang berada di delta sungai Mekong. Pulau-pulau tersebut antara lain: pulau Dragon, pulau Unicorn, pulau Phoneix dan pulau Turtle. Perahu boat berhenti dipulau yang paling terkenal, pulau Unicorn. Pulau ini terkenal sebagai penghasil madu. Aktifitas yang dilakukan di pulau ini adalah mengunjungi peternakan lebah dan mencicipi madu langsung dari sarangnya, mencicipi beberapa minuman anggur, mencicipi buah-buahan lokal dan...berfoto dengan ular python!!

Dari pulau Unicorn, berperahu sampan (1 sampan untuk 5 orang) menyusuri delta sungai Mekong menuju provinsi Ben Tre. Melihat kehidupan penduduk lokal disepanjang delta sungai Mekong merupakan pengalaman yang menarik. Ini bagian yang paling tidak terlupakan. Menyusuri sungai dengan lebar tidak lebih dari 4 meter dengan pohon palem memayungi disisi kanan dan kiri sepanjang sungai. Gambaran yang selama ini dilihat hanya di film-film perang Vietnam benar-benar nyata, ada dihadapan. Terbayang saat perang, tentara Vietnam harus menyusuri sungai ini tanpa menggunakan perahu untuk menghindari musuh.

Tiba di provinsi Ben Tre untuk mengunjungi pabrik pembuat permen kelapa secara handmade. Di tempat ini aneka macam penganan dibuat dari bahan dasar kelapa. Ada manisan, permen, keripik hingga minuman wine/anggur dari bahan dasar kelapa. 

Dari tempat pembuatan permen kelapa, beberapa dokar/ gerobak kuda sudah menanti. Dengan mengendarai dokar, wisatawan diajak keluar masuk perkampungan di provinsi ini untuk menuju tempat makan siang yang terletak ditengah perkebunan. Selesai makan siang dengan menu ala Vietnam, disediakan sepeda bagi yang ingin berputar-putar disekitar perkebunan. Perjalanan pulang dari provinsi Ben Tre dilakukan dengan menumpang perahu boat kembali menyusuri sungai Mekong menuju My Tho. Perjalanan yang sangat menyenangkan, puas sekali menyusuri sungai Mekong berkali-kali dengan menggunakan perahu boat maupun perahu sampan.

Oya, selama keluar masuk perkampungan, tidak terlihat satu orangpun duduk-duduk/ berkumpul sambil merokok. Yang terlihat adalah beberapa orang berkumpul didepan rumah sambil minum kopi bersama. Wooww.. positif!

Salut untuk pemerintah Vietnam yang memberdayakan pengusaha industri rumahan bermitra dengan pariwisata untuk maju bersama. Sampan-sampan dan dokar-dokar yang digunakan semuanya dijalankan oleh penduduk setempat. 

Beef Pho, Resto Pho 2000
Pho
Salah satu makanan khas Vietnam yang terkenal adalah Pho (dibaca: Feu). Makanan sejenis mie dari tepung beras ini diolah dengan kuah berkaldu dengan irisan daging dan sayuran diatasnya. Jenis-jenis kuah kaldu yang tersedia antara lain sapi, ayam, babi dan seafood. Orang Vietnam sangat menyukai daun mint, hampir disetiap masakan daun mint selalu diikutsertakan. Pho berkuah kaldu yang gurih menjadi segar dengan paduan daun selada, kol, tauge dan mint.

Di kota Ho Chi Minh ada satu tempat yang sangat terkenal untuk menikmati Pho. Tempat ini menduduki ranking 11 dari 307 hal yang wajib dilakukan oleh wisatawan saat berada di Ho Chi Minh versi Lonely Planet. Restaurant Pho 2000 menjadi terkenal namanya karena pernah disinggahi oleh Presiden Bill Clinton saat berkunjung ke Ho Chi Minh. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan meja dimana Bill Clinton duduk untuk menikmati Pho. Restaurant ini terletak disamping Ben Thanh market, tempat yang terkenal untuk belanja oleh-oleh Vietnam.



4 komentar:

  1. Sungai Mekong agak2 ngeri ya teh :) tapi asyik kayanya gak ada buaya kan Teh Cantik :D...BTW untuk foto narsisnya gpp kok yg narsis cantik inih ;p

    BalasHapus
  2. Koreksi sedikit kalau boleh, dimana diameter sungai seharusnya lebar sungai.

    Bagaimana untuk makanan yang disajikan disana ?
    ( dari segi kehalalan ).
    Untuk wisata kulinernya ( bagi yang muslim )kalau ada bahannya bisa ditambahkan.

    Thanks buat informasinya.

    BalasHapus
  3. You should visit palembang city...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus